Thursday, April 2, 2009

Prestasi Karateka Sumbar Meningkat 100 Persen Pertahun

Prestasi Karateka Sumbar Meningkat 100 Persen Pertahun


Firdaus Diezo - Padang Ekspres
Perkembangan karateka di Sumatra Barat meningkat hampir 100 persen pertahunnya. Hal tersebut terbukti dengan diperolehnya satu mendalai emas di PON yang berlangsung di Kalimatan Timur waktu lalu. Tidak hanya itu Lemkari Sumbar sebagai tempat bernaungnya karateka sumbar, memperoleh penghargaan rekor Muri dalam peserta terbanyak Ujian kenaikan tingkat DAN 1 (sabuk hitam-red) dengan 900 peserta, Sabtu, (10/1).

"2008 adalah tahun prestasi bagi Karateka Sumbar" ungkap Pembina Lemkari Sumbar Leonardi Harmaini, kepada POSMETRO usai pembukaan Ujian kenaikan tingkat DAN I,II,III, IV se Sumatra di Lapangan Yonif 13`1 Barja Sakti Payokumbuah. Dengan di anuagrahi rekor Muri dalam peserta DAN I terbanyak sepanjang sejarah Lemkari, menurut Leonardi diharapkan mampu menjadi lecutan buat perkembangan karateka Sumbar kedepan. Terutama dibidang prestasi atlit, wasit pertandingan sekaligus pelatih. Hingga keberadaan karateka di Sumbar mampu menyumbangkan karya terbaiknya terutama bagi prestasi olahraga di Sumbar dan kancah nasional umumnya.

"Sumbar memilki potensi di bidang ini, terbukti dengan sumbangan satu emas dalam PON lalu. Padahal PON sebelumnya karateka Sumbar belum pernah meraih satu emes pun" ujarnya. Dalam Ujian kenaikan DAN I,II,III,IV se-Sumatra yang diprakarsai oleh Lemkari Sumbar tersebut, dihadiri lebih dari 1000 peserta. Hadir seluruh wali Kota se Sumbar, pengurus Lemkari Sumbar periode 2006-2011. Para peserta ujian pun terlihat memperagakan kebolehnya seperti aktarasi pemecahan bata beton dengan sebanyak empat lapis, besi empat lapis, melewati letusan peluru, berjalan diatas api serta sejumlah atraksi berbahaya lainnya.

Disamping itu pada acara tersebut juga diresmikan patung lemkari besar dengan tinggi lebih kurang 2,5 meter lebih. Juga diperagakan jurus-jurus karate yang diperankan oleh atlit jaura nasional dan internasional. Ditambahkan ketua Lemkari Sumbar Firdaus Ilyas MM, perkembangan karateka sumbar terus meningkat hingga 100 persen pertahunnya. Seiring dengan itu juga terjadi perkembangang pada pelatih dan juri pertandingan. Dibidang prestasi juga telah dibuktikan para atlit dan juga juri dari Sumbar.

"Dari segi minat pun terlihat dengan rekor Muri yang di terima" katanya. Rekor Muri yang diterima Langsung oleh Ketua Lemkari Sumbar Firdaus Ilyas MM dengan Ketua Umum Lemkari Dr Anton Lesiangi itu, menurut Antoni telah mengantarkan Lemkari Sumbar kepada sebuah jalan menuju pencerahan. "Sumbar Luar biasa, ini yang pertama dalam sejarah Lemkari" ucapnya mengakhiri. (*

sumber : http://www.karateranahminang.com

No comments: