Wednesday, February 17, 2010

Tentang secret of Karate - Sebuah pengantar

Salam Karate...
Mungkin banyak diantara kita.. termasuk juga penulis hanya mengenal gerakan karate dari materi ujian yang diujikan tiap kenaikan sabuk belaka. Kita sepintas hanya mengenal satu macam gerakan dan kemudian tidak mendapatkan makna apa yang terdapat dalam satu gerakan tersebut.

Tapi Alhamdulillah paradigma tersebut telah mulai berubah. Seiring dengan telah mulai turun tangan para dewan guru yang mendidik langsung kepada Majelis Sabuk Hitam dan menguraikan satu demi satu. dan juga tak terlepas dari perkembangan teknologi yang bisa mengakses kepada hampir ke semua lapisan penggila karate.

Ternyata dari pengetahuan yang di dapat selama ini hampir boleh dikatakan bahwa yang diujikan pada tingkat pemula sabuk putih sampai coklat hanyalah kulit luar saja. dan mungkin sedikit dipelajari di awal sabuk hitam.

Semakin kita pelajari semakin jauh dan semakin dalam hal-hal tidak kita sadari tentang gerakan yang ada pada karate.

Sebagai pengantar, sebuah keyakinan harus ditanamkan bahwa jika anda baru memperoleh pengakuan sebagai sabuk hitam, berarti anda baru memasuki gerbang awal dari sebuah pengetahuan yang amat sangat panjang.... tapi perjalanan itu tidak akan melelahkan tapi akan terasa nikmat. Hanya jika anda mau.

No comments: